Jumat, 09 Desember 2016

OLED

Tags

oled

OLED


Organic Light-Emitting Diode (OLED) atau diode cahaya organik adalah sebuah semikonduktor sebagai pemancar cahaya yang terbuat dari lapisan organik. OLED digunakan dalam teknologi elektroluminensi, seperti pada aplikasi tampilan layar atau sensor. Teknologi ini terkenal fleksibel dengan ketipisannya yang mencapai kurang dari 1 mm.

OLED adalah perkembangan dari teknologi LED yang biasa digunakan pada teknologi layar yang biasa terdapat pada TV ataupun monitor komputer. LED berhasil dikembangkan pertama sekali oleh ilmuwan perusahaan Eastman Kodak yang bernama Dr. Ching W. pada tahun 1979, namun riset di Indonesia pertama sekali dilakukan pada tahun 2005. Dan dalam pengaplikasiannya OLED masih digunakan sebagai piranti/alat teknologi tampilan.

Sedikit tentang LED seperti yang kita ketahui bahwa Light-Emitting Diode memiliki cara kerja memanfaatkan interferensi cahaya dari led yang terdapat pada layar. Sehingga pada aplikasinya LED memiliki tampilan yang lebih tajam daripada teknologi sebelumnya yaitu LCD yang hanya menggunakan bantuan liquida/cairan.


Jual Lampu Sorot Termurah dan Terlengkap, Lokasi LTC Glodok. Cek disini LampuUtama.com




Memang bentuknya hampir sama, tapi OLED lebih tipis dapipada LCD. Kualitas gambar yang lebih tajam dan jelas, dan kita dapat melihat tampilan yang dihasilkan dari segala arah sudut pandang dengan kualitas yang sama.

Dan sekarang berkembang menjadi OLED yang dengan kualitas yang sama namun dengan media yang beribu kali lebih tipis. OLED bisa memiliki ketipisan hingga 1mm. Bentuknya transparan bahakan dengan rangkaian semikonduktor didalamnya. Entah bagaimana caranya bisa menyembunyikan rangkaian didalam sebuah plastik tansparan. Tidak kalah hebatnya OLED juga bisa dilipat dan dimasukkan kedalam saku karena ketipisannya yang sangat luar biasa.

OLED diciptakan sebagai teknologi aternatif yang mampu mengungguli generasi tampilan layar sebelumnya, tampilan kristal cair (Liquid Crystal Display atau LCD). OLED terus dikembangkan dan diaplikasikan ke dalam peranti teknologi tampilan.

Teknologi OLED


OLED merupakan peranti penting dalam teknologi elektroluminensi. Teknologi tersebut memiliki dasar konsep pancaran cahaya yang dihasilkan oleh peranti akibat adanya medan listrik yang diberikan. Teknologi OLED dikembangkan untuk memperoleh tampilan yang luas, fleksibel, murah dan dapat digunakan sebagai layar yang efisien untuk berbagai keperluan layar tampilan.

Jumlah warna dari cahaya yang dipancarkan oleh peranti OLED berkembang dari satu warna menjadi multi-warna. Fenomena ini diperoleh dengan membuat variasi tegangan listrik yang diberikan kepada peranti OLED sehingga peranti tersebut memiliki prospek untuk menjadi peranti alternatif seperti teknologi tampilan layar datar berdasarkan kristal cair.

Sumber: wikipedia.org


EmoticonEmoticon