Jumat, 06 Januari 2017

Lampu Sein

Tags

lampu sein

Lampu Sein


Lampu sein merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah kendaraan. Lampu sein berfungsi sebagai indikator pada kendaraan ketika berbelok yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Lampu sein sekarang ini menjadi salah satu kelengkapan yang wajib dimiliki oleh semua kendaraan.

Lampu ini berwarna kuning yang akan menyala berkedip-kedip ketika dihidupkan. Dipiih warna kuning sebagai warna lampu sein karena warna kuning kelihatan dari jauh di siang hari atau pun malam hari. Selain itu ketika hujan warna kuning juga tetap dapat dilihat dengan jelas.

Aneka Lampu Sorot Termurah dan Bergaransi, lampuutama.com

Selain memberi isyarat untuk pengendara yang ada di belakang lampu sein ini juga berfungsi untuk memberikan isyarat atau tanda kepada pengendara dari arah berlawan ketika pengendara mau memotong jalan ke arah kanan dan yang menyala pasti lampu sein kanan pengendara sehingga pengendara dari arah berlawanan bisa memberikan kesempatan untuk menyeberang, jadi kemungkinan akan terjadi kecelakaan bisa dihindari.

Tetapi pada kenyataannya banyak pengendara yang menganggap enteng keberadaan lampu sein ini, dimana fungsi dari lampu ini tidak dimaksimalkan karena sering memakai lampu ini tidak tepat atau sembarangan saja, misalnya saat mau menikung tidak menyalakan lampu sein atau menyalakan lampu sein tepat saat menikung atau sering juga pengendara yang lampu seinnya terus menyala padahal dia tidak akan menikung, atau pada mobil sering menyalakan lampu sein kiri kanan secara bersamaan atau sering disebut lampu hazard ketika akan bergerak lurus, ini salah kaprah sebenarnya fungsi lampu hazard itu adalah memberi tanda kalau kendaraan lagi bermasalah.

Sumber: wikipedia.org


EmoticonEmoticon