Jumat, 03 Februari 2017

Pengertian dan jenis Multimeter


multimeter

Multimeter

Multimeter adalah gabungan dari beberapa alat ukur elektronik yang dikemas dalam satu alat. Pada umumnya setiap multimeter minimal memiliki 3 fungsi ukur yaitu sebagai alat ukur arus (Ampere Meter), alat ukur tegangan (Volt Meter) dan alaut ukur resistansi (Ohm Meter). Karena 3 fungsi ukur tersebut selalu dimiliki oleh multimeter atau multitester maka sering juga disebut sebagai AVO meter.

Multimeter berfungsi untuk mengukur tegangan listrik, arus listrik, dan tahanan (resistansi). Multimeter juga dapat digunakan untuk fungsi lainnya seperti mengukur temperatur, induktansi, frekuensi, dan sebagainya.
Lampu Sorot LED paling murah, mulai Rp 22rb. cek www.lampuutama.com

Jenis Multimeter


Berdasarkan tampilan atau meter yang digunakan maka multimeter dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :


  1. Multimeter Analog
    Multimeter analog merupakan jenis multimeter / multitester yang menggunakan tampilan ukur (meter) dengan tipe jarum penunjuk. Sehingga untuk membaca hasil ukur harus dilakukan dengan cara melihat posisi jarum penunjuk pada meter dan melihat posisi saklar selektor pada posisi batas ukur kemudian melakukan perhitungan secara manual untuk mendapatkan hasil ukurnya. Kondisi atau proses pembacaan hasil ukur yang masih manual inilah yang menyebabkan multimeter / multitester jenis ini dinamakan sebagai multimeter analog.
  2. Multimeter Digital
    Multimeter digital atau sering juga disebut sebagai digital multitester merupakan jenis multimeter yang telah menggunakan display digital sebagai penampil hasil ukurnya. Hasil ukur yang ditampilkan pada multimeter digital merupakan hasil yang telah sesuai, sehingga tidak perlu dilakukan lagi perhitungan antara hasil ukur dan batas ukur.


EmoticonEmoticon